Fungsi Jendela Rumah bukan hanya pemanis saja

Category : Desain Eksterior Rumah, Desain Jendela Rumah, Tips Spesial
Fungsi Jendela Rumah bukan hanya pemanis sajaby adminon.Fungsi Jendela Rumah bukan hanya pemanis sajaDalam pengertian sehari sehari jendela adalah bagian rumah tinggal atau bangunan yang berfungsi sebagai penghantar cahaya dan udara masuk kedalam bangunan. Jendela seringkali berdampingan dengan pintu dan biasanya terdapat pada setiap ruang dalam bangunan. Desain jendela minimalis bisa disesuaikan dengan fungsi, estetika dan konsep ruang yang ada. Karena itulah, setiap ruangan yang memiliki jendela yang [...]

Dalam pengertian sehari sehari jendela adalah bagian rumah tinggal atau bangunan yang berfungsi sebagai penghantar cahaya dan udara masuk kedalam bangunan. Jendela seringkali berdampingan dengan pintu dan biasanya terdapat pada setiap ruang dalam bangunan.

Desain jendela rumah minimalis

Fungsi Jendela Rumah

Desain jendela minimalis bisa disesuaikan dengan fungsi, estetika dan konsep ruang yang ada. Karena itulah, setiap ruangan yang memiliki jendela yang berbeda dengan ruang yang lainnya. Contohnya ruang kamar tidur biasanya menggunakan desain jendela model minimalis dengan 1 sampai dengan 3 daun. Jendela kamar mandi biasanya menggunakan bauvenlight, dan dibagian depan rumah umumnya menggunakan jendela yang menjadi satu bagian dengan pintu utama. Jendela seperti ini disebut jendela gendong.

Pengertian jendela

Jendela adalah bagian dari elemen atau unsur rumah dan bangunan yang dapat memasukkan cahaya alami atau vista dan sirkulasi udara dari dalam dan luar bangunan.

Pada masa awal penggunaannya, jendela hanya berfungsi sebatas pengertian sebagai suatu bukaan pada suatu bangunan terntentu. Akan tetapi, sesuai perkembangan jaman, pengertian akan jendela makin bertambah dengan dimasukkannya nilai-nilai estetika atau keindahan, kekokohan atau kekuatan, keamanan, kenyamanan untuk dipergunakan, seta unsur ekonomi atau perhitungan biaya dan perencanaan dan perancangan jendela.

Fungsi jendela

Seperti telah dijelaskan bahwa pengertian jendela adalah bagian dari bangunan yang dapat memasukkan cahaya dan sirkulasi udara dari dalam dan luar bangunan, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi jendela utama jendela adalah untuk sirkulasi cahaya dan udara dari dalam dan luar bangunan.

Selain fungsi diatas, jendela juga dapat berfungsi sebagai penjaga privasi serta keamanan sebuah rumah, yaitu sebagai pemisah antar ruang dalam bangunan atau pemisah antara ruang dengan ruang dalam bangunan.
Dengan ditemukannya kaca, jendela dapat berfungsi untuk melihat keluar bangunan tanpa harus membuka jendela atau keluar bangunan. Jendela juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesori pendukung seperti korden dan teralis.

Klasifikasi Jendela

Klasifikasi atau pemisahan jenis jendela sebenarnya bisa dilihat dari berbagai macam kriteria. Berikut beberapa fungsi jendela.

  • Jendela 1 daun
  • Jendela 2 daun
  • Jendela dengan daun lebih dari 2
  • Jendela kaca mati
  • Baouvenlight / angin angin ventilasi.

Pembagian klasifikasi ini bukan sepenuhnya benar dikarenakan banyaknya kriteria yang harus dipenuhi dan perkembangan tampilan jendela yang semakin bervariasi. Akan tetapi, klasifikasi jenis jendela ini diharapkan dapat mempermudah pembaca dalam merencanakan, merancang, memilih, dan menghitung biaya dalam pembuatan jendela.

Persyaratan jendela antara lain:

  1. Ukuran dan dimensi yang dapat menunjang fungsinya sesuai kebutuhan ruang.
  2. Kokoh dan kuat sehingga tidak mengkhawatirkan untuk dipergunakan.
  3. Penggunaan material yang cocok untuk menyesuaikan ruang.
  4. Sesuai dan selaras dengan tampilan atau gaya bangunan
  5. Indah dipandang.
  6. Aman dan nyaman untuk dipergunakan sesuai fungsinya pada tiap tiap ruang yang menaunginya.

Persyaratan sebuah jendela memiliputi beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan jendela sehingga keberadaan jendela pada bangunan tersebut dapat berfungsi dengan efektif dan efisien.

Leave a Reply