Desain Pintu Gerbang

Desain Pintu Gerbang - Fungsi utama dari sebuah pintu gerbang adalah media keluar masuk kendaraan atau manusia yang berada pada posisi terdepan sebuah rumah tinggal dan langsung menghubungkan antar ruang luar rumah tinggal (jalan raya) dengan halaman depan (carport atau teras) sebuah rumah tinggal.

Berikut 10 Desain Pintu Gerbang

Contoh Pintu Gerbangdesain pintu gerbang motif kayu

desain pintu gerbangdesain pintu gerbang

desain pintu gerbangdesain pintu gerbang

Gambar Pintu GerbangModel Pintu Gerbang

Pintu Gerbang MinimalisPintu Gerbang

Siapa yang tidak kenal pintu. Salah satu elemen rumah, gedung, kantor, supermarket, toko hingga poskamling pun selalu “menghiasi” dan melengkapi suatu bangunan dari depan, samping hingga belakang. Dahulu, pintu dibuat hanya sebagai perantara atau penghubung antara lingkungan luar dengan dalam rumah. Akan tetapi, saat ini pintu sudah merupakan simbol status sosial. Dengan kemajuan teknologi, beragam pintu sudah banyak dijumpai, baik dari segi desain, warna, corak, bahan dan sebagainya.

Fungsi pintu

Seperti telah disebutkan pada artikel tentang desain pintu minimalis. Pengertian pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar dari suatu tempat atau bangunan maka fungsi dan keberadaanya pun sangat diperlukan sebagai media penghubung antar ruang yang saling terpisahkan secara permanen.
Selain fungsi diatas, pintu juga berfungsi sebagai penjaga privasi serta keamanan sebuah rumah. Pintu kamar misalnya, berguna untuk privasi dan keamanan penghuni kamar tersebut.

Persyaratan pintu

Persyaratan sebuah pintu meliputi ukuran pintu yang memadai sesuai fungsi, kekokohan, penggunaan bahan material yang cocok untuk pintu pada masing masing ruang, dan desain yang indah, sesuai dan selaras dengan desain bangunan atau ruang tempat pintu tersebut dipergunakan.

Pintu gerbang

Pintu gerbang adalah bagian dari macam macam pintu menurut fungsinya yang berada pada posisi paling depan dari sebuah bangunan rumah tinggal. Bentuk dan desain pintu gerbang, desain pintu gerbang relatif sangat bervariasi mengikuti gaya rumah tinggal dan nuansa yang terkandung di dalamnya. bentuk pintu gerbang biasanya terdiri dari dua atau lebih daun pintu, baik lipat maupun dorong. Pintu gerbang biasanya dibuat berongga dan menggunakan motif motif alami seperti kembangan sulur dedaunan atau bunga, motif kotak kotak atau geometris, dan adapula yang menggunakan motif campuran antara keduanya.

Bahan material utama yang digunakan pada pintu gerbang adalah besi dengan pembagian beberapa daun pintu dan sering kali dipadupadankan pula dengan material lain seperti kayu sehingga dapat memberikan sentuhan yang berbeda pada tampilan pintu secara total.

Dimensi pintu gerbang pada umumnya mengadopsi ukuran standar mobil, yakni lebar 300 sampai 500 cm dan tinggi berkisar 150 sampai 250 cm. Namun, secara umum ukuran pintu gerbang disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah dan kondisi keamanan lingkungan hunian.

Warna pintu gerbang

Warna pada pintu gerbang adalah material cat besi dengan finishing cat duco polos, finishing motif besi tempa, finishing crome (stainless steel), dan juga finishing pelitur untuk variasi pintu gerbang yang menggunakan material dengan bahan dasar kayu.